Tips & Trick Menghadapi Ujian

tetap tenang dan berdoa untuk uts

Kebetulan gw sebentar lagi mau UTS(Ujian Terlalu Santai) untuk semester genap ini. Semoga aja sih hasilnya memuaskan. Mungkin hari ini mau berbagi cara mengahadapi UTS. Gw selama kuliah belom pernah sekalipun mengulang mata kuliah jadi menurut gw cara ini lumayan ampuh untuk mahasiswa-mahasiswa yang lagi kuliah dan sebentar lagi UTS. caranya adalah:

1. Niat

Pertama kumpulkan niat terlbeih dahulu sebelom melakukan sesuatu. Kumpulkan niat yang cukup untuk belajar pelajaran yang diinginkan. Karena semuanya harus dimulai dari niat #sikatmiring. Niatin dulu makanya sebelom belajar.

2. Belajar

Ya memang harus belajar kalo gak belajar yah gimana lagi. Karena tugas seorang mahasiswa adalah belajar. Yang jadi masalah ada kapan harus belajarnya. Ada sebagian orang belajar setiap saat, ada yang menggunakan SKS(sistem kebut semalam), ada juga belajar H-1 jam. Semua cara belajar setiap orang tentu beda-beda karena daya tangkap semua orang berbeda. Kalao gw sih prefer menggunakan cara SKS. Dan terbukti cara ini ampuh untuk mengatasi segala ujian yang ada selama ini. Tapi cara ini not recomended bagi yang berfisik lemah.

3. Siapkan kisi-kisi

Setelah belajar yang panjang rasanya tetap saja tidak bisa afal 100%. Saatnya menggunakan kisi-kisi, kisi-kisi ini berguna untuk memusatkan materi yang kita akan pelajari. Jadi kita tidak perlu mempelajari materi-materi yang kira-kira gak bakal keluar di ujian. Kisi-kisi bisa berasal dari teman seangkatan, dosen, internet, orang tua dan lain sebagainya. Tentu jangan terpaku pada kisi-kisi karena kadang tak keluar makanya kita harus tetap belajar semuanya.

4. Bertanya pada teman

Setelah belajar dari buku dan kisi-kisi tapi masi aja ada yang belom dimengerti. Disini lah saatnya kita manfaatkan koneksi yang kita miliki. Cari teman yang sudah mengerti dan minta mereka ajarkan ke kita. Cara ini terbukti efektif, entah mengapa kalo teman yang ngajarin akan lebih cepat masuk dari pada belajar sendiri atau belajar di kelas. Kenapa ya?

5. Berdoa

Karena sila pertama kita adalah ketuhanan yang maha esa. Maka kita berdoa dulu sebelom mengerjakan soal, supaya di beri kelancaran dalam mengerjakan soal dan mendapatkan hasil yang maximal. Berdoa bisa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing

Cara berikutnya cara yang not Recomended

6. Mencontek

Yah ini cara yang kurang di rekomendasikan tapi kalo terpaksa hmm... yah silahkan dilakukan. Kalo ketangkep yah tanggung sendiri dan dosa pun ditanggung sendiri... Cara ini relatif beresiko tinggi jadi hati-hati kalo mau melakukanya. Dan jujur pengalaman nyontek gw di kuliah sedikit... Sedikit bukan berarti gak pernah hehehe

Itu aja sih caranya semoga yang membaca ini nilai ujian semakin baik. Terutama yang mau UN SMP kalo gak salah

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

MARKET RESEARCH and MARKETING PLAN REPORT Food Direktori

siklus nitrogen dan karbon dioksida